Home » » Sejarah Berdirinya KAMMI Komsat Manggarai - NTT

Sejarah Berdirinya KAMMI Komsat Manggarai - NTT

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia yang kemudian di singkat KAMMI merupakan Oraganisasi Mahasiswa Ekstra parlementer atau ekstra Kampus. Di kota-kota besar nama KAMMI tidak asing lagi baik di mata mahasiswa maupun masyarakat umum dengan kecirikhasanya sebagai  organisasi pergerakan yang selalu kritis, responsif dan proaktif dalam berbagai persoalan yang melanda negeri Indonesia ini. Akan tetapi nama KAMMI di Nusa Tenggara Timur  dan lebh khusus lagi di kabupaten Manggarai baik mahasiswa maupun masyarakatnya sangat asing dan bahkan baru pertama kali mendengarnya nama sebuah organisasi mahasiswa eksternal kampus yaitu KAMMI. Akan tetapi dengan kondisi yang seperti itu tidak membuat deklator-deklator KAMMI Manggarai semangatnya down untuk mengekspansi dakwah kampus di Manggarai. Dengan bermodal ikhtiar dan do’a semua alternatif digunakan untuk memperkenalkan KAMMI secara konperhensif kepada mahasiswa-mahasiswa muslim yang berada di kampus-kampus di kota Ruteng sehingga konsep ke KAMMI an bisa di terima semua level kemasyarakatan. Skenario Allah lah yang membuat semua proses itu lancar dan dipermudah sehingga ideologi, visi dan misi KAMMI bisa diterima di semua kalangan baik  mahasiswa masyarakat umumnya khususnya di kota Ruteng Manggarai. Yang walaupun sebelumnya banyak yang meragukan  tentang dakwah KAMMI bisa diterima di Manggarai, bagimana tidak Manggarai murupakan sebuah daerah yang mayoritas Kristen Khatolik. Tetapi dengan melihat potensi dan semangat dari rekan-rekan mahasiswa/i muslim yang sudah kita perkenalkan konsep keKAMMI annya, sehingga meyakinkan team Deklator KAMMI Komsat Manggarai semakin yakin kalau bendera KAMMI bisa berkibar di Manggarai. Allahu Akbar. Yang memperkenalkan KAMMI di manggarai adalah ikhwah kita yang sedang mengikuti salah satu program Kemendikbud yang penempatan di kabupaten Manggarai selama satu tahun yang dulunya meraka semassa masih berstatus sebagai mahasiswa mereka aktifis organisasi KAMMI maupun organisasi islam lainnya sebut saja ; Mansur Amriatul, (KAMMI IKIP Mataram NTB), Muh Armon (KAMMI Univ Nusa Cendana Kupang NTT),  Zulfika Carlita Saputri (KAMMI Univ Negeri Malang Jatim), Mery (KAMMI Univ Negeri Malang, Darminah, (KAMMI Univ Negeri Semarang Jateng), Purwaningsih (KAMMI Univ Muhammadiyah Purwokerto Jateng, Ace (KAMMI Univ Muhammadiyah Kupang) dan Bu Ella (Univ Brawijaya Malang) simpatian berat KAMMI, Nurjannah, ( Univ Negeri Malang) . Seiyanya itulah nama-nama sebagai inisiotor sekaligus  Deklarator terbentuknya KAMMI Komisariat Manggarai KAMDA NTT.

KAMMI Komsat Manggarai adalah KAMMI komsat yang ke IV dari KAMMI Daerah NTT Setelah ‘KAMMI Komsat Univ Nusa Cendana, KAMMI Komsat Univ Muhamadiyah Kupang dan KAMMI Komsat ENDE dan yang sekarang adalah KAMMI Komsat Manggarai’. Dikatakan KAMMI Komsat Manggarai adalah karena yang menjadi kader-kader yaitu terdiri dari berbagai kampus-kampus swasta yang ada di kota Ruteng Manggarai seperti; STKIP, Univ Indonesia Timur Cabang Makasar, UNIKA dan STIM.

Sekilas melihat sejarah terbentuknya KAMMI secara nasional KAMMI muncul sebagai salah satu kekuatan alternatif Mahasiswa yang berbasis mahasiswa Muslim dengan mengambil momentum pada pelaksanaan Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FS-LDK) X se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Acara tersebut dihadiri oleh 59 LDK yang berafiliasi dari 63 kampus (PTN-PTS) diseluruh Indonesia . Jumlah peserta keseluruhan kurang lebih 200 orang yang notabenenya para aktifis dakwah kampus. KAMMI lahir para ahad tanggal 29 Maret 1998 PK.13.00 wib atau bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah 1418 H yang dituangkan dalam naskah Deklarasi Malang. KAMMI lahir didasari sebuah keprihatinan yang mendalam terhadap krisis nasional tahun 1998 yang melanda Indonesia. Krisis kepercayaan terutama pada sektor kepemimpinan telah membangkitkan kepekaan para pimpinan aktivis dakwah kampus di seluruh Indonesia yang saat itu berkumpul di UMM - Malang. Akan tetapi sejarah lahirnya KAMMI di Manggarai sangat berbeda, dimana yang menjadi assabiqunalawwalun bukan dari kalangan rohis-rohis kampus atau LDK tetapi karena lebih kapada kepekaan sosial terhadap situasi dan kondisi lapangan dimana mahasiswa dan pemuda mengalami dekradasi moral khususnya mahasiswa dan pemuda muslim yang sangat memprihatinkan. Atas dasar itu semua sehingga terbentuklah wadah baru yaitu KAMMI yang nantinya akan mengakomodir mahasiswa dan pemuda muslim manggarai untuk siap diproses menjadi muslim negarawan sejati sesuai dengan jargonnya KAMMI.

Sehingga tepatnya Sabtu-Ahad; 14-15 April 2012 merupakan hari yang bersejarah bagi peradaban mahasiswa muslim yang berada dibeberapa kampus di kota Ruteng dimana pada hari itu berlansungnya Daurah Marhalah 1 (DM1) atau pelatihan dasar satu perdannya sebagai salah satu pintu gerbang memasuki KAMMI. Antusias dan semangat peserta Daurah Marhalah nya meyakinkan teman-teman deklator KAMMI Manggarai semakin yakin bahwa KAMMI Manggarai bisa eksis, seperti KAMMI di kampus-kampus lain di Indonesia. Pada saat bersamaan selang 2 pekan kemudian tepatnya di Aula Majelis Ulama (MUI) kabupaten Manggarai tanggal 28 April 20112 secara resmi KAMMI Komsat Manggarai di Deklarasikan. Yang turut hadir juga pada acara deklarasi tersebut seperti tokoh agama (H.Rusul & Romo Andi), tokoh masyarakat (H.Yusuf), LSM ; Forum Kerukunan Lintas  Agama Manggarai ( Ibu Mel), Islam Muda Manggarai (Bapak Ahmad Arif Arafat) dan beberapa OKP kemahasiswaan seperti PMKRI & GMNI. Dari semua organ yang disebutkan diatas tadi melalui perwakilan masing-masing organ memberikan testimoni terkait terbentuknya KAMMI Komsat Manggarai. Rasa terharu dan semangat luar biasa dari beberapa testimoni turut menghangatkan suasana pada waktu itu. Bagaimana tidak sebuah organ kemahasiswaan yang baru di manggarai dan baru akan di deklarasikan kader dan peserta yang hadir dalam acara tersebut begitu banyak.

Gemuruh takbir Allahu Akbar...Allahu Akbar... berkali-kali menggema di aula MUI Manggarai setelah pembacaan surat keputusan secara resmi terbentuknya KAMMI Komsat Manggarai dan dilanjutkan dengan DEKLARASI yang dibacakan oleh Al-akh Mansur Amriatul (kader KAMMI daerah NTB) selaku perwakilan ketua KAMMI Daerah NTT Al-akh Jumadi J. Magang. Yang kemudian deklarasi tersebut disebut dengan “Deklarasi Manggarai Raya”.

Saudaraku semuanya... Selamat menciptakan sejarah, kalau selama ini kita membaca dan menikmati sejarah orang lain saatnya kita membentuk sebuah peradaban baru yang kemudian akan di kenang oleh generasi yang akan datang Haqqa-iqul yaumi ahlaamul amsi, wa ahlaamul yaumi.haqqa-iqul ghadi (Hasan Al-Banna). Harapan itu selalu Ada... Allahu Akbar.

2 comments:

  1. mantap lanjutkan prjuangannya sdrku.....

    BalasHapus
  2. mantab...semoga kammi manggarai bisa turut berkontribusi dalam dakwah ini dan perbaikan bangsa.

    BalasHapus

Translate

Entri Populer

Google+ Followers

 
Support : mixmaxspace.com | pandani | Google.com
Copyright © 2013. Kraeng Bejo Official Site - All Rights Reserved
Template Modifikasi by Pandani Web Design Published by www.pandani.web.id
Proudly powered by Blogger